"Etika Batuk dan Bersin Yang Benar"


 
Yang dibahas kali ini adalah tentang etika ketika kita batuk atau bersin, sehingga kita tidak menyebarkan virus kepada orang lain.
Mengapa harus ada etika ketika batuk atau bersin?
Ketika kita batuk atau bersin, terjadi pelepasan virus atau kuman yang berasal dari sistem pernafasan di dalam organ tubuh kita. Pelepasan kuman atau virus tersebut berlangsung dari tubuh kita keluar ke udara bebas.
Akibat dari pelepasan ini, terjadilah kontaminasi udara di sekitar kita. Udara tercemar oleh virus atau kuman yang berasal dari tubuh kita.
Jika ada orang lain yang menghirup udara yang telah terkontaminasi itu, ditambah lagi orang tersebut dalam kondisi yang tidak fit, maka orang tersebut dapat tertular penyakit yang diakibatkan oleh virus atau kuman yang berasal dari tubuh kita.
Orang yang terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi manusia, disamping itu ia juga menahan diri dari menyakiti dan mengganggu orang lain.
Kuman, Virus, Bakteri dapat menyebar via udara
Tahukah kamu bahwa ada ratusan ribu kuman/virus/bakteri yang keluar ketika seseorang batuk atau bersin.
Bayangkan kecepatan virus itu keluar ketika seseorang bersin. Pada sebuah penelitian, kecepatan material yang dikeluarkan akibat bersin itu sekitar 100 miles/hour. Lihat fakta tentang bersin.
Namun material tersebut (semprotan air ludah , kuman, virus, dll) tidak terlihat oleh kita.
Dengan banyaknya kuman/virus/bakteri yang keluar dan tingginya kecepatan geraknya, maka kemungkinan besar orang yang menghirup udara yang terkontaminasi akan tertular dengan virus tersebut.
Etika Saat Anda Batuk dan Bersin

Sekarang saya berbicara ke inti tulisan ini, yaitu ketika anda batuk atau sast anda bersin. Pelajaran akhlak, moral, adab, atau etika sangat penting diajarkan dan dilatih semenjak dini.
Kali ini tema yang dibahas adalah etika ketika seseorang bersin terutama di depan orang lain, adab ketika seseorang batuk dan di sekelilingnya terdapat orang lain. Apa yang harus dilakukan bila anda mengalami kondisi tersebut.
Tujuan utama dari etika batuk dan bersin yang disampaikan pada tulisan ini adalah:

Untuk mencegah penularan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) dan TBC (Tuberkulosis).
Untuk menghentikan penyebaran kuman/virus yang membuat kita dan orang lain sakit.
Etika batuk dan bersin
1.Menutup hidung dan mulut dengan tissue atau sapu tangan ketika batuk atau bersin.

2.Menutup hidung dan mulut dengan lengan dalam baju ketika tidak ada tissue atau sapu tangan.


3.Membuang tissue yang sudah dipakai ke dalam tempat sampah.

4.Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun.

5.Menggunakan masker.

Mari hidup sehat ,selamat mencobašŸ˜€

Komentar

Postingan populer dari blog ini